Strategi Reseller Online untuk Bersaing di Marketplace, Ini yang harus Dilakukan!
Menjadi reseller online merupakan pilihan yang sangat menarik karena bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Meski begitu, tidak dipungkiri jika saat ini sudah banyak reseller online yang berjualan di marketplace. Oleh karena itu diperlukan strategi reseller online untuk bersaing di marketplace.
Tingkat persaingan yang cukup tinggi di berbagai marketplace harus disikapi dengan strategi bisnis yang tepat. Hal ini sangat penting agar bisnis online yang dijalankan bukan hanya mampu bertahan saja tetapi juga berkembang.
Adapun strategi yang diperlukan reseller online untuk bersaing di marketplace antara lain adalah:
- Riset dan Target Pasar
Perencanaan yang kurang matang saat memutuskan terjun sebagai reseller online seringkali membuat bisnis yang dibangun tidak mampu bertahan karena kalah bersaing. Untuk mengantisipasi hal itu maka penting untuk melakukan riset dan menentukan target pasar.
Riset dilakukan terhadap konsumen dan kompetitor melalui berbagai sumber informasi maupun data yang ada di internet. Dengan riset yang lengkap, maka akan memberikan pemahaman tentang kondisi pasar dan potensi bisnis yang akan dikembangkan.
- Keunikan Produk
Dalam menghadapi persaingan bisnis di marketplace, reseller online juga harus mampu menunjukkan keunikan produk yang berbeda dari produk kompetitor. Bisa dari design produk yang beragam, pemilihan bahan yang berkualitas hingga keunggulan lainnya yang menonjol.
Sebagai contoh, bagi reseller kaos maka harus menunjukkan bagaimana kualitas produk yang ditawarkan. Pemilihan bahan yang tepat dan nyaman seperti cotton combed hingga pemilihan sablon yang berkualitas dan tahan lama.
- Branding
Strategi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah upaya branding agar produk yang ditawarkan semakin dikenal luas dan familiar. Caranya cukup mudah, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk keperluan branding.
- Inovasi Produk
Strategi yang telah disebutkan sebelumnya tidak akan maksimal jika Anda tidak mengimbanginya dengan inovasi produk. Dalam hal ini Anda perlu menunjukkan bagaimana kualitas produk yang ditawarkan serta variasi produk lainnya yang disediakan.
Selain itu, pada produk kaos bisa dilakukan inovasi dalam hal design maupun aplikasi sablon. Design yang unik dan berkarakter tentu akan lebih menarik jika dibandingkan yang biasa saja dan umum.
- Menjaga Kepercayaan Konsumen
Menjaga kepercayaan konsumen merupakan strategi selanjutnya yang tidak boleh diabaikan. Karena konsumen yang loyal akan melakukan repeat order jika puas dengan produk yang telah dibeli. Selain itu, tidak menutup kemungkinan untuk mengajak orang lain ikut membeli.
Agar kepercayaan konsumen tetap terjaga dengan baik, maka pastikan untuk memberikan respon yang cepat serta pelayanan yang ramah dan baik. Selain itu, Anda juga harus konsisten dalam mempertahankan kualitas produk.
- Penawaran Diskon, Voucher, Promo dan Bonus
Strategi terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memberikan penawaran diskon, voucher, promo atau bonus bagi konsumen. Mungkin pada masa promo tersebut keuntungan yang didapatkan cukup kecil, namun hal itu akan berdampak dalam jangka panjang.
Dengan berbagai penawaran diskon maupun promo yang tersedia, maka konsumen akan lebih tertarik untuk membeli di toko online Anda. Hal ini juga sangat penting untuk mempertahankan loyalitas konsumen Anda yang selama ini menjadi pelanggan setia.
Mengembangkan bisnis online di marketplace sebagai reseller memang memiliki prospek yang menjanjikan. Selain mampu menjangkau pasar yang lebih luas, bisnis online tersebut juga bisa dilakukan dengan cara yang praktis.
Agar bisnis semakin berkembang, maka diperlukan strategi reseller online untuk bersaing di marketplace yang paling tepat dan efektif. Jadi, sudah siapkah Anda mengembangkan bisnis sebagai reseller online hari ini?